TeTesan Tinta Seputih SaLju ...



blog ini sebagian besar berisi corat-coretku, makalah-makalah kuliyahku, tugas-tugas kuliyah, materi kuliyah, puisiku, & ade beberape lirik lagu n nasyid kesukaan ku ....... ***heheheheh****

Selasa, 11 Juni 2013

RPP BERKARAKTER PAI MI "MAKANAN / MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.    Identitas
Satuan Pendidikan          : MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Mata Pelajaran                : Fiqih
Materi Pelajaran             : Makanan / Minuman yang Halal & Haram
Kelas / semester               : VI / I
Alokasi waktu                  : 1x 25 Menit
B.     Standar Kompetensi       : Mengenal Ketentuan Makanan / Minuman yang
Halal & Haram
C.    Kompetensi Dasar           : Menjelaskan Ketentuan Makanan / Minuman yang
Halal & Haram
D.    Indikator                          :1. Menyebutkan pengertian Makanan / Minuman
yang Halal & Haram
2. Menyebutkan Dalil Tentang Makanan /
Minuman yang Halal & Haram
3. Menyebutkan Contoh Makanan / Minuman
yang Halal & Haram
4. Menjelaskan Manfaat & Akibat mengkonsumsi
Makanan / Minuman yang Halal & Haram

E.     Tujuan Pembelajaran     :
No
Tujuan Pembelajaran
Nilai Karakter
1
Melalui strategi interactif leacturing siswa dapat menyebutkan pengertian makanan / minuman yang halal & haram dengan baik
Cinta Ilmu
Rasa Ingin Tahu
2
Melalui strategi interactif leacturing siswa dapat menyebutkan dalil tentang makanan / minuman yang halal & haram dengan benar
Cinta Ilmu
Aktif
3
Melalui strategi poster session siswa dapat menyebutkan contoh-contoh makanan / minuman yang halal & haram dengan baik
Cinta Ilmu
Rasa Ingin Tahu
Aktif
4
Melalui strategi poster session siswa dapat menjelaskan manfaat & dampak mengkonsumsi makanan / minuman yang halal & haram dengan baik
Cinta Ilmu
Rasa Ingin Tahu
Aktif

F.     Uraian Materi

G.    Strategi / Metode Pembelajaran
a.      Strategi           : Leacturing Interactif & Poster Session
b.      Metode           : Ceramah, diskusi, menggambar & Tanya jawab

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Nilai Karakter
Alokasi
Waktu
1
Kegiatan pendahuluan
a.  Guru mengucapkan salam
b. Guru mengajak siswa memulai pelajaran dengan membaca Basmallah
c.  Guru menanyakan siswa yang tidak hadir, sekali guru menyakan apakah ada surat izinnya atau siapa yang mengetahui sebab tidak bisa masuk sekolah.
d. Guru Menyampaikan tema dari materi yang akan dipelajari  dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai


e.  Guru memberikan Appersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
-    Makanan apa yang kalian makan sehari-hari ?
f. Guru memberikan pre tes dengan mengajukan pertanyaan:
-Apa saja makanan yang halal dan haram ?
g. Motivasi awal
Guru memberikan motivasi pada seluruh siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran

a.    Siswa menjwab Salam
b.    Siswa bersama-sama membaca Basmallah
c.    Ketua kelas memberikan informasi berkaitan dengan teman yang tidak masuk

d.   Siswa menyimak apa yang disampaikan guru, sambil mengajukan pertanyaan jika ada hal yang tidak dipahami
e.    Siswa menjawab pertanyaan Appersepsi yang diajukan guru.

f.     Siswa menjawab pertanyaan pre test yang diajukan guru.


g.    Siswa menjadi bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran

Santun
Religius


Disiplin dan perduli





Rasa ingintahu
Cinta ilmu
Tanggung jawab

Cinta ilmu

Rasa ingin tahu

Aktif




Bersemangat


3 menit
2
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1.      Guru menyampaikan pokok materi yang akan dibahas, yaitu : Makanan / Minuman yang Halal & Haram
2.      Guru selanjutnya bertanya kepada siswa, poin-poin apa saja yang akan dibahas dari pokok materi tentang Makanan / Minuman yang Halal & Haram
3.      Guru menyampaikan poin-poin yang akan dibahas yang telah dirancang oleh guru dan disesuaikan dengan hasil diskusi bersama siswa pada langkah ke-2


1.   Siswa mendengarkan apa yang disampaikan guru


2.   Siswa menjawab pertanyaan guru





3.   Siswa memperhatikan dan menyimak apa yang disampaikan guru


Rasa ingin tahu
Cinta Ilmu


Peduli

Aktif
Cinta Ilmu



Rasa Ingin tahu
Cinta ilmu




3 menit

b.   Elaborasi
1)      Guru menjelaskan materi tentang pengertian makanan / minuman yang halal & haram serta dalilnya, melalui strategi interactif leacturing, langkahnya adalah :
-    Guru menyampaikan ceramah tentang pengertian makanan / minuman yang halal & haram sambil menyelingi dengan pertanyaan-pertanyaan
2)      Guru menyuruh siswa berdiskusi perkelompok untuk mendiskusikan materi pelajaran:
a)      Jenis makanan / minuman yang halal
b)      Jenis makanan / minuman yang haram
c)      Manfaat mengkonsumsi makanan yang halal
d)     Akibat mengkonsumsi makanan / minuman yang haram
melalui strategi poster session. Langkahnya adalah :
1.      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok sesuai dengan jumlah poin materi yang akan dibahas.
2.      Guru memberikan kertas manila & hand out  kepada setiap kelompok, masing-masing satu poin materi pelajaran
3.      Guru menyuruh setiap kelompok berdiskusi sesuai materinya masing-masing & menuangkannya dalam bentuk gambar pada kertas manila yang telah dibagikan
4.      Guru menyuruh perwakilan setiap kelompok, berurutan mulai kelompok yang membahas materi poin pertama hingga selanjutnya, untuk menempelkan hasil diskusinya dipapan tulis dan menjelaskannya
5.      Guru memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk bertanya kepada kelompok yang mendapat giliran menjelaskan hasil diskusinya sesuai dengan materi yang disampaikan
6.      Guru mengklarifikasi hasil gambar dan diskusi setiap kelompok tersebut

1)      Siswa mendengarkan penjelasan guru




-          Siswa mendengarkan ceramah guru dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru



2)      Siswa berdiskusi sesuai perintah guru














1.      Siswa membentuk kelompok sesuai perintah guru


2.      Siswa menerima kertas manila & hand out yang dibagikan guru



3.      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing dan menggambarkan hasil diskusinya pada kertas manila


4.      Perwakilan setiap kelompok menempelkan hasil gambarnya dpapan tulis dan menjelaskannya berurutan dari kelompok pertama


5.      Siswa bertanya kepada kelompok yang mendapat giliran menjelaskan hasil diskusinya, kemudian kelompok yang mendapat giliran maju tersebut menjawab pertanyaan temannya

6.      Siswa mendengarkan klarifikasi guru

Rasa ingin tahu
Cinta ilmu



Cinta ilmu
Aktif
Rasa ingin tahu




Rasa ingin tahu

Aktif












Peduli aktif



Peduli
Sopan
Disiplin



Cinta ilmu
Aktif

Rasa ingin tahu



Aktif

Cinta ilmu







Aktif

Rasa ingin tahu

Cinta ilmu




Rasa ingin tahu
peduli


15 menit

c.       Konfirmasi
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan  hal-hal yang belum diketahui siswa dari materi yang telah dipelajari dari awal sampai akhir
2.      Guru menjelaskan kembali hal-hal yang belum dipahami  siswa

1.Siswa menanyakan hal-hal yang belum difahami tentang materi yang telah dipelajari


2.Siswa mendengarkan penjelasan guru

Rasa Ingin Tahu
Aktif




Rasa Ingin Tahu
2 menit
3
Kegiatan penutup
a.       Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan materi tentang nifaq
b.      Guru melakukan evaluasi secara lisan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi akhlak tercela kepada Allah yaitu nifaq
c.       Guru memotivasi siswa sebelum menutup pelajaran
d.      Guru mengajak siswa untuk menutup pelajaran dengan membaca hamdallah

e.       Guru mengucapkan salam

a.    Siswa sambil dipandu guru menyimpulkan pelajaran
b.   Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru sesuai dengan materi yang telah disampaikan
c.    Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan guru
d.   Siswa dibawah bimbingan guru mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdallah
e.    Siswa secara bersama-sama menjawab salam guru

Partisipasi Aktif
Perduli


Rasa ingintahu

Cinta ilmu




Disiplin

Dan santun
Religious

2 menit

I.       Media dan Sumber Belajar
a.      Media                                     : Papan tulis, krton manila, power point
b.      Sumber Belajar         :
-
-
J.      Penilaian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar